Postingan Bebas tapi Tidak Sebebas-Bebasnya

Efek Negatif dari Pengelompokkan dengan Cara Memilih dan Homogen

Efek Negatif dari Pengelompokkan dengan Cara Memilih dan Homogen

Memilih siswa dalam pengelompokkan merupakan perilaku kejahatan yang signifikan dalam menciptakan pengharapan-pengharapan yang berbeda dari tiap siswanya. “Sekali siswa ditempatkan dalam kelompok yang lebih rendah atau dalam kelas yang ‘lamban’, maka kemunduran akan terjadi, hal ini dikarenakan sering sekali diabaikan akses mereka untuk mendapatkan materi pembelajaran yang berkualitas, matematika yang berkualitas tinggi, dan guru-guru terbaik.” (Siver, Smith, & Nelson, 1995)
Matematika untuk siswa dalam kelompok yang lebih rendah hamper seluruhnya berorientasi pada drill pengulangan dengan kesuksesan yang minim dan hasil yang kurang memuaskan. Pengharapan-pengharapan yang rendah dari guru-guru tersebut diperkuat ketika siswa tidak terdorong untuk berpikir ataupun bergelut dalam aktivitas-aktivitas dan interaksi-interaksi yang mengacu pada pemecahan soal dan pemaparan alasan-alasan.
Secara serupa pencapaian-pencapaian yang dibuat oleh grup-grup tertinggi yang telah ditemukan adalah minim, apabila hal tersebut dibandingkan dengan siswa yang sama dalam kelas heterogen. Pada saat yang sama, grup-grup dengan penghargaan yang rendah dihindarkan dari pelajaran yang berkualitas. Tak ada yang mendukung pengelompokkan siswa dengan cara memilih pada siswa dari tingkat TK sampai klelas VIII yang dapat ditemukan dalam perbandingan internasional.

Dalam kelas yang lebih heterogen, pengharapan sering sekal berubah-ubah, seperti seorang anak yang sebelumnya dipersepsikan sebagai kurang mampu menjadi mengerti dan bekerja dengan baik dengan konsep-konsep yang tidak mereka dapatkan di kelas yang lebih rendah. Mengekspos semua siswa untuk berpikir dengan level yang lebih tinggi dan Matematika yang bermutu menghindarkan penggabungan perbedaan dari tahun ke tahun yang diakibatkan oleh pengharapan yang rendah.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 4:56 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment