Diantara bebrapa cara untuk membantu siswa ELL, enam
strategi yang dipaparkan disini merupakan yang khusus untuk digunakan dalam
pengajaran Matematika. Enam strategi ini merupakan strategi yang berdasarkan
pada pendapat para guru dan peneliti yang banyak disebut berhasil dalam
meningkatkan prestasi siswa dalam kelas Matematika.
1.
Tulis
dan nyatakan isi dan tujuan bahasa
Setiap pelajaran harus dimulai dengan memberitahukan
kepada siswa tentang apa yang akan mereka pelajari pada pelajaran tersebut. Guru
tidak membiarkan para siswa menemukan sendiri semuanya selama mengeksplorasi
pelajaran, namun guru juga harus menyatakan kepada siswa mengenai tujuan besar
dari apa yang mereka lakukan; dengan kata lain, berikanlah ‘peta perjalanan’
kepada para siswa. Jika siswa mmengetahui tujuan dari pelajaran, mereka mungkin
akan mendapatkan ide dasar dari gambaran pelajaran saat itu dengan sendirinya.
2.
Bangunlah
latar belakang
Ini sama halnya dengan membangun pengetahuan dasar
atau menghidupkan kembali pengetahuan yang sebetulnya telah ada, namun hal ini
membutuhkan pengetahuan yang berkaitan dengan bahasa dan budaya sebagaimana
halnya dengan isi pengetahuan dasar itu sendiri. Jika memungkinkan, gunakan
contoh konteks dan alat visual lain untuk membantu siswa memahai tugas yang diberikan.
Hubungkan pelajaran dengan pembahasan sebelumnya
3.
Sarankan
penggunaan bahasa asli
Penelitan menunjukan bahwa pembangunan kognitif siswa
banyak terbantu dengan di gunakan bahasa asli. Dalam sebuah kelas matematika,
siswa sebaiknya di beri semangat untuk mengunakan bahasa asli mereka dan dilanjutkan
dengan pengunaan bahasa Inggris untuk membangun kemampuan siswa dalam bahasa
tersebut.
4.
Masukan
yang dapat dipahami
Masukan yang dapat dipahami merupakan istilah yang
digunakan dalam pembelajaran dua bahasa yang berarti pesan yang guru sampaikan
dapat dipahami oleh siswa. Hal ini juga berarti untuk menyederhanakan struktur
kalimat dan membatasi pengunaan kosakata yang tidak terlalu penting.
Kadang-kadang guru mengunakan kata-kata yang tidak tepat dalam mengajukan pertanyaan sehingga membuat
binggung siswa yang tidak mengunakan bahasa inggris sebagai bahasa asli mereka.
5.
Ajarkan
kosakata secara eksplisit
Salah
satu teknik yang populer untuk menekankan pengembangan kosakata pada siswa
adalah penggunaan dinding kosakata Matematika. Seperti yang para guru ketahui,
bahwa kosakata merupakan hal yang penting dalam mempelajari Matematika, maka
siswa diminta untuk berpartisipasi aktif dalam membuat dan menambahkan di
dinding kosakata. Ketika sebuah kata telah dipilih, siswa dapat membuat kartu
yang berisi kata-kata dalam bahasa Inggris, terjemahannya berdasarkan bahasa
yang diperlukan dalam kelas, gambar dan deskripsi yang dibuat oleh siswa (bukan
definisi normal) dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya.
6.
Gunakanlah
kelompok kerjasama
Hal penting yang dapat para guru lakukan adalah
menciptakan suasana yang mendukung dan memberikan kesempatan untuk menghargai
nilai-nilai budaya, dimana siswa tidak akan merasa malu untuk membuat kesalahan
didepan siswa lain. Para siswa ELL tidak akan merasa bahwa guru telah membangun
surge mereka dengan melihat bahwa guru melihat budaya dan bahasa mereka sebagai
sesuatu yang lyak dihargai, bukannya sesuatu yang harus ditinggalkan atau
dikesampingkan.
Posted by 3:17 PM and have
0
comments
, Published at
No comments:
Post a Comment