Postingan Bebas tapi Tidak Sebebas-Bebasnya

Strategi Khusus Untuk Mengajarakan Matematika Kepada Pelajar Bahasa Inggris

Strategi Khusus Untuk Mengajarakan Matematika Kepada Pelajar Bahasa Inggris

Diantara bebrapa cara untuk membantu siswa ELL, enam strategi yang dipaparkan disini merupakan yang khusus untuk digunakan dalam pengajaran Matematika. Enam strategi ini merupakan strategi yang berdasarkan pada pendapat para guru dan peneliti yang banyak disebut berhasil dalam meningkatkan prestasi siswa dalam kelas Matematika.
1.    Tulis dan nyatakan isi dan tujuan bahasa
Setiap pelajaran harus dimulai dengan memberitahukan kepada siswa tentang apa yang akan mereka pelajari pada pelajaran tersebut. Guru tidak membiarkan para siswa menemukan sendiri semuanya selama mengeksplorasi pelajaran, namun guru juga harus menyatakan kepada siswa mengenai tujuan besar dari apa yang mereka lakukan; dengan kata lain, berikanlah ‘peta perjalanan’ kepada para siswa. Jika siswa mmengetahui tujuan dari pelajaran, mereka mungkin akan mendapatkan ide dasar dari gambaran pelajaran saat itu dengan sendirinya.
2.    Bangunlah latar belakang
Ini sama halnya dengan membangun pengetahuan dasar atau menghidupkan kembali pengetahuan yang sebetulnya telah ada, namun hal ini membutuhkan pengetahuan yang berkaitan dengan bahasa dan budaya sebagaimana halnya dengan isi pengetahuan dasar itu sendiri. Jika memungkinkan, gunakan contoh konteks dan alat visual lain untuk membantu siswa memahai tugas yang diberikan. Hubungkan pelajaran dengan pembahasan sebelumnya
3.    Sarankan penggunaan bahasa asli
Penelitan menunjukan bahwa pembangunan kognitif siswa banyak terbantu dengan di gunakan bahasa asli. Dalam sebuah kelas matematika, siswa sebaiknya di beri semangat untuk mengunakan bahasa asli mereka dan dilanjutkan dengan pengunaan bahasa Inggris untuk membangun kemampuan siswa dalam bahasa tersebut.
4.    Masukan yang dapat dipahami
Masukan yang dapat dipahami merupakan istilah yang digunakan dalam pembelajaran dua bahasa yang berarti pesan yang guru sampaikan dapat dipahami oleh siswa. Hal ini juga berarti untuk menyederhanakan struktur kalimat dan membatasi pengunaan kosakata yang tidak terlalu penting. Kadang-kadang guru mengunakan kata-kata yang tidak tepat  dalam mengajukan pertanyaan sehingga membuat binggung siswa yang tidak mengunakan bahasa inggris sebagai bahasa asli mereka.
5.    Ajarkan kosakata secara eksplisit
Salah satu teknik yang populer untuk menekankan pengembangan kosakata pada siswa adalah penggunaan dinding kosakata Matematika. Seperti yang para guru ketahui, bahwa kosakata merupakan hal yang penting dalam mempelajari Matematika, maka siswa diminta untuk berpartisipasi aktif dalam membuat dan menambahkan di dinding kosakata. Ketika sebuah kata telah dipilih, siswa dapat membuat kartu yang berisi kata-kata dalam bahasa Inggris, terjemahannya berdasarkan bahasa yang diperlukan dalam kelas, gambar dan deskripsi yang dibuat oleh siswa (bukan definisi normal) dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya.
6.    Gunakanlah kelompok kerjasama

Hal penting yang dapat para guru lakukan adalah menciptakan suasana yang mendukung dan memberikan kesempatan untuk menghargai nilai-nilai budaya, dimana siswa tidak akan merasa malu untuk membuat kesalahan didepan siswa lain. Para siswa ELL tidak akan merasa bahwa guru telah membangun surge mereka dengan melihat bahwa guru melihat budaya dan bahasa mereka sebagai sesuatu yang lyak dihargai, bukannya sesuatu yang harus ditinggalkan atau dikesampingkan.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 3:17 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment